Infrastruktur Batam Kembali Dimulai Pembangunannya oleh BP Batam

(Ilustrasi Jalan di Batam)

Infrastruktur di Batam, khususnya yang berupa jalan arteri, kembali dimulai pengembangannya sejak 5 Januari 2023 lalu dan akan berlanjut hingga 31 Desember 2023 akan datang. Pembangunan ini akan mencapai Total Panjang 20 km. 

Pembangunan dimaksud secara lebih detail dijelaskan sebagaimana berikut:

  1. Jalan Yos Sudarso tahap 4 sepanjang 2,4 km (Ruas Underpass Pelita – Nagoya Gate) dengan kontraktor PT. Kuala Batee Indonesia dan konsultan pengawas PT. Calvindam Jaya. EC
  2. Jalan Koridor Utama Pelabuhan – Bandara sepanjang 9 km (Ruas Simp. Laluan Madani – Simp. Bundaran Punggur) dengan kontraktor PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. – PT. Maju Bersama Jaya (KSO) dan konsultan pengawas PT. Portal Engineering Perkasa
  3. Jalan Koridor Utama Pelabuhan – Bandara sepanjang 2,6 km (Ruas Bundaran Punggur – Simp. Bandara) dengan kontraktor PT. Harap Panjang dan konsultan pengawas PT. Multi Forma Riau Konsultan
  4. Pengembangan Jalan Hang Jebat sepanjang 5,5 km (Simpang Batu Besar – Simpang Turi) dengan kontraktor PT. Sinar Arengka Setia Maju dan konsultan pengawas PT. Multi Forma Riau Konsultan
  5. Bundaran Bandara (Simpang Lampu Merah Bandara Hang Nadim) berdiameter 100 m serta panjang jalan mencapai 800 m dengan kontraktor PT. Kurnia Djaja Alam dan konsultan pengawas PT. Astadipati Duta Harindo. 

(Rencana Pembangunan Salah Satu Ruas Jalan di Tahun 2023. Dokumentasi: BP Batam)

Pada kelima jalur tersebut, rencananya akan dilakukan pemerataan lebar jalan menjadi 5 (lima) jalur di masing-masing arah. Pembangunan tersebut juga akan mencakup pemantapan saluran drainase. 

Menurut Kepala BP Batam Muhammad Rudi, pelebaran jalan ini merupakan langkah strategis pihaknya untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam.

“Pembangunan jalan ini tidak hanya untuk kepentingan investasi semata, tapi juga untuk kemudahan mobilisasi dan mendukung ekonomi masyarakat,” jelas Rudi.

“Saya kembangkan ini agar ekonomi Batam semakin maju lagi. Kalau sudah maju, masyarakat akan memiliki kesempatan untuk lebih baik, mari kita sambut pembangunan ini,” sambung Rudi.

(Sumber: BP Batam)

Bagikan
This site is registered on wpml.org as a development site.